Senin, 22 Oktober 2012

cara membuat animasi bola memantul

Membuat Animasi Bola Memantul

Membuat Animasi Bola Memantul~Sobat semilir, saya lanjutkan sharing tutorial membuat animasi sederhana menggunakan Microsoft Power Point, setelah sebelumnya kita membahas animasi sederhana bandul berayun. Kali ini yang akan kita buat adalah bagaimana cara  Membuat Animasi Bola Memantul yang dapat sobat semilir lihat pada gambar dibawah ini :

video

Yang harus kita lakukan adalah membuat bola yang akan jatuh dan memantul beserta lantai dasar yang akan menjadi permukaan pantul, ditambah satu buah bola yang berada diatas permukaan lantai dan beberapa garis bantu yang akan menjadi panduan jalur animasi pantul seperti gambar berikut ini :


Setelah sobat semilir membuat gambar seperti gambar diatas, jangan lupa gandakan/duplikasikan gambar bola dan posisikan tepat diatas lantai dasar. Hal ini dimaksudkan agar kita dapat membuat titik akhir jatuhnya bola. Setelah itu select bola yang diatas, click tombol Add Effect, Motion Path, Down. Akan muncul garis putus-putus yang menunjukkan arah jatuhnya bola yang dimulai dari gambar segitiga berwarna merah dan berakhir pada segitiga berwarna hijau dibagian bawah. Jika posisi segitiga hijau belum mencapai titik pusat bola yang ada dilantai dasar, maka sobat dapat mengatur segitiga merah dengan cara click dan tahan segitiga merah tersebut dan tarik hingga poisisinya berada ditengah-tengah bola yang berada didasar. Kemudian klik kembali boa yang diatas, clock tombol Add Effect, Motion Path, Up. Sebelumnya posisikan dulu jalur animasi kesebelah kanan mengikuti pola garis bantu seperti gambar sebelumnya. Demikian seterusnya hingga sobat merasa cukup dengan jumlah pantulan yang terjadi. Setelah seluruh jalur animasi selesai, selanjutnya ubah beberapa properti, pada jalur animasi Down, aktifkan properties, pada tab Effect beri tanda checklist pada  Smooth Start dan hilangkan tanda checklist pada Smooth End. Ubah Speed menjadi Medium. Pada animasi yang pertama atau paling atas, ubah properti Start = Onclick, selain animasi yang pertama, ubah properti Start menjadi After Previouse. Adapun untuk animasi bola terpantul, aktifkan properties, effects dan beri tanda checklist pada Smooth End dan hilangkan tanda checklist pada Smooth Start. Setelah semua properti diubah, langkah akhir adalah menyatukan seluruh jalur animasi pada satu jalur, dan menghapus bola bantu yang ada didasar, demikian juga garis bantu yang ada. Demikian, semoga bermanfaat~Semilir hati


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar