·
Istilah
multimedia berawal dari teater, bukan computer. Pertunjukan yang memanfaatkan
lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia.
·
Sistem
multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple
pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM pada tahun 1989 mengenai perangkat
lunak audio visual connection(AVC) dan video adhapter card ps/2
·
Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari
700 produk dan sistem multimedia dipasaran.
·
Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk
mendapatkan output dalam bentuk yang
jauh lebih kaya dari pada media table
dan grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video
bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat
musik.
·
Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif,
memungkinkan pemakai memilih output
dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan menjalankan
aplikasi itu.
Pengertian multimedia
Ø
Multi-banyak, Media-sarana berkomunikasi untuk melewatkan
informasi.
Ø
Suatu sistem yang terdiri dari perangkat keras,
perangkat lunak dan alat – alat lain seperti televisi, monitor video dan sistem
piringan optik atau sistem stereo yang dimaksudkan untuk menghasilkan penyajian
audio visual yang utuh.
Beberapa pakar mengartikan multimedia sebagai berikut :
- Multimedia secara umum merupakan kombinasi 3 element yaitu suara,gambar dan teks (Mc Cormick,1996)
- Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit 2 media input atau output dari data,media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar (Turban dkk, 2002)
- Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan prestasi yang dinamis dan intraktif yang mengkombinasikan teks grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)
- Multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berintraksi, berkreasi dan berkomunikasi (Hofstetter, 2001)
“ Multimedia
adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik,
audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi,
berkreasi, dan berkomunikasi “
Kelebihan Multimedia
Dari berbagai media informasi, multimedia
memilki suatu kelebihan tersendiri yang tidak dapat digantikan oleh penyajian
media informasi lainya.
Kelebihan dari
multimedia adalah menarik
indra dan menarik minat, karena merupakan gabungan antara pandangan,suara dan
gerakan.
Lembaga riset dan penerbitan komputer
yaitu Computer Technology Research (CTR) menyatakan bahwa orang hanya mampu
mengingat 20 % dari yang dilihat dan 30 % dari yang didengar. Tetapi orang
mengingat 50 % dari yang dilihat dan
didengar dan 80 % dari yang dilihat, didengar dan dilakukan sekaligus.
Komponen
Multimedia
Menurut James A.
Senn, multimedia terbagi dalam beberapa element-element multimedia, seperti
yang rerlihat dalam gambar dibawah ini :
a. Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan
dikendalikan adalah teks. Teks dapat membentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang
menyajikan bahasa. Kebutuhan teks bergantung kepada penggunaan aplikasi
multimedia.
b. Image (grafik)
Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau
publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi
kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat meringkas menyajikan data yang kompleks dengan cara yang baru
dan lebih berguna. Gambar juga dapat berfungsi sebagai ikon, yang bila
dipadukan dengan teks, merupakan opsi yang bisa dipilih.
c.
Bunyi (audio)
PC
multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia,
bukan multimedia. Bunyi dapat ditambahkan dalam multimedia melalui suara, musik
dan efek-efek suara. Seperti halnya grafis, dapat membeli ataupun
menciptakan sendiri.
d.
Video
Video menyediakan sumberdaya yang kaya dan hidup bagi
aplikasi multimedia.
e.
Animasi
Dalam multimedia, animasi merupakan penggunaan komputer
untuk menciptakan gerak pada layer.
f.
Virtual Reality
Virtual reality merupakan penggunaan multimedia untuk
penerapan secara langsung.
NTSC System
NTSC (National Television System Committee)
merupakan sistem milik Amerika Serikat dengan lebar layar 525 baris, digunakan di negara Kanada, Greenland,
Mexico, Kuba, Jepang, Philipina, Puerto Rico dan beberapa negara di Amerika
Selatan.
Resolution : NTSC 640
X 480
NTSC DV 720
X 480
NTSC WideScreen 720 X 480
NTSC D1 720 X 486
NTSC Square Pix 720 X 540
Frame Rate : 30 fps
PAL dan SECAM System
Banyak negara
yang menggunakan kedua sistem ini yakni PAL
(Phase Alternating Line) atau SECAM (Sequential Color and Memory). Kedua
sistem ini memiliki lebar layar 625 baris
Resolution :
PAL D1/DV :
720 X 576
PAL D1/DV
Square Pix :
768 X 576
PAL D1/DV WideScreen : 720 X 576
Frame Rate : 25 fps
HDTV
HDTV (High Definition Television)
adalah standar internasional baru untuk dunia televisi. HDTV dapat digunakan
dalam 1.125 baris.
Resolution 1280 X 720
Frame Rate 29.9
Fps
Software
Multimedia
- Viewing: Untuk melihat hasil pemgolahan multimedia (Winamp, power DVD)
2.
Capturing : Untuk mendapatkan hasil rekaman yang
didapat melalui device multimedia. (software scanner, capture, camdig)
- Editing : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi senuah sajian (adobe)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar